oleh

Qarira Garden, Bumdes Percontohan Bersekala Nasional

DIFa TV Online (Mesuji) – Taman wisata dan kolam renang ‘Qarira Garden’ yang merupakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bumi Harapan, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji kini menjadi salah satu idola wisata dengan penghasilan tetap bagi masyarakat dan desa setempat.

Romi selaku Kepala Desa Bumi Harapan menerangkan, sejak 3 tahun berjalan, ia bersama masyarakat terus berbenah melakukan pengembangan dan pembangunan desa mulai dari pekerjaan fisik gedung sampai wahana hiburan wisata keluarga seperti Qarira Garden (water park mini) yang di kelola oleh Bumdes.

Menurutnya, dalam mengembangkan Bumdes, tentu diperlukan gagasan cemerlang dan berani melakukan inovasi menuju perubahan dengan merubah ‘mindset’ keluar dari pemikiran awam yang monoton.

“Pembangunan Qarira sudah dimulai sejak tiga tahun berjalan dengan 3 tahapan menggunakan dana desa sebesar 500 juta dilahan seluas satu hektare. Tahun ini wahana Qarira Garden menambah satu permainan ‘air tumpah’ dikolam renang dari anggaran DD tahun 2019,” terang Romi belum lama ini.

Dengan adanya air tumpah itu, ia berharap dapat menjadi pemikat wisatawan lokal maupun luar daerah berkunjung kesana, sehingga dapat menambah omset pendapatan desa.

Sejauh ini, Bumdes Qarira Garden masuk dalam nominasi Bumdes percontohan ke empat di Provinsi Lampung, bahkan untuk promosi, beberapa gambar dan video sudah ditampilkan di Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi sebagai dokumen nasional mewakili Provinsi Lampung.

Terkait Dana Desa tambahnya, di tahun 2019 ini juga, pihaknya telah memulai pembangunan Gedung Serba Guna (GSG) yang memiliki multi fungsi dengan berbagai fasilitas dan dapat digunakan untuk beragam kebutuhan, mulai dari olahraga sampai kegiatan yang berkaitan dengan hajad masyarakat.

Tentunya, ungkap Romi, “Untuk acara besar, gedung GSG itu bersifat komersil, yang mana hasil pendapatan akan masuk ke desa melalui Bumdes. Sehingga kedepan, Desa Bumi Harapan bisa menjadi desa mandiri dan mampu berdaya saing dengan beragam fasilitas yang dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat,” tukasnya.  (exly)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed