oleh

Mua’wanah Sembelih 10 Sapi dan 7 Kambing

DIFa TV Online (Bandar Lampung) – Hi. Barusman dan keluarga serta 6 teman lainnya menyembelih sapi kurbannya di Masjid Mua’wanah, Kota Bandarlampung, Minggu (11/8/2019). Dia ingin meneruskan tradisi keluarganya dalam menyambut Idul Adha 1440 hijriyah/2019 M.

Barusman menyampaikan proses dan prosedur pemotongan hewan yang benar bisa menghasilkan daging  Aman, Sehat, Utuh, dan Higienis (ASUH).

Sebaliknya, dia menjelaskan, hewan yang stres saat sebelum penyembelihan akan menghasilkan daging yang kurang enak, bahkan kondisi tersebut bisa dilihat dari warna daging setelah dipotong-potong.

“Warna daging agak gelap dan pucat,” jelas Barusman yang juga ketua masjid saat diwawancarai di kantor Masjid Mua’wanah.

Menururut Ketua Panitia Kurban Masjid Mua’wanah, Drs  Hi. M. Arzan Kamal, tahun ini Masjid Mua’wanah menyembelih hewan kurban sebanyak 10 sapi dan 7 kambing dibagikan kepada sekitar 930 orang penerima kurban yang berhak.

Arzan Kamal menjelaskan. dengan estimasi daging sapi yang didapat seberat 1080 kilogram dan estimasi daging kambing yang didapat 70 kilogram.

“Daging kurban dibagikan kepada peserta kurban sebanyak 70 dan 210 peserta seberat 3 kilogram, sedangkan untuk panitia sebanyak 66 orang seberat 1,5 kilogram, Mustahik sebanyak 384 orang seberat 1,5 kg. Sedangkan cadangan atau dadakan sebanyak 200 orang seberat 0,5 kilogram, sehingga jumlah penerima daging kurban yang dibagikan kepada 930 orang penerima kurban di Masjid Mua’wanah ini,” jelasnya.

Arzan Kamal mengatakan, terimakasih kepada peserta kurban yang telah mempercayai kepada panitia Masjid Mua’wanah.

“Semoga tahun depan peserta kurban lebih meningkat lagi,” ungkapnya.

Saat ditemui di area masjid, Arzan Kamal menambahkan, saat ini masih proses pencacahan, lalu nanti dihitung berapa bungkus keseluruhan dari 7 kambing dan 10 sapi.

Ia mengungkapkan, nantinya akan dibagikan kepada warga yang memegang kupon Masjid Mua’wanah dulu. “Setiap kepala keluarga mendapat satu kupon untuk mendapatkan satu bungkus daging kurban,” ungkap Arzan Kamal.

Menurut pantauan wartawan pembagian daging kurban di Masjid Mua’wanah lancar dan aman sampai batas waktu penerima kurban yang menggunakan kupon selesai. Namun ratusan warga mulai dari anak-anak hingga orang tua yang tidak memiliki kupon terlibat saling dorong dan berdesakan saat mengantri pembagian daging kurban di pintu Masjid Mua’wanah.

Akhirnya panitia kurban Masjid Mua’wanah membagikan daging kurban kepada penerima dadakan sekitar 200 orang seberat 0,5 kilogram lebih. (di)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed